Cara membuat tape singkong anti gagal

Cara membuat tape singkong - Tepung sagu - Singkong adalah salah satu jenis makanan yang cukup terkenal dinusantara, untuk beberapa daerah singkong termasuk jenis makanan pokok, sehingga tak heran jika olahan makanan berbahan singkong sangat banyak sekali, salah satunya adalah tape singkong.
Cara membuat tape singkong
Gambar ilustrasi : Tape singkong
Penasaran ingin mencoba untuk membuat tape singkong yang enak dan nikmat, berikut ini adalah panduan lengkap tentang resep tape singkong.

Bahan-bahan :
  • Singkong atau ubi 1 kg kg (pilih singkong yang tidak terlalu tua)
  • Ragi 1 butir
Cara membuat tape singkong :
  1. Singkong kupas buang kulitnya lalu bersihkan, kemudian potong-potong kira-kira 15 cm.
  2. Cuci diair mengalir hingga benar-benar bersih, karena kurang bersihnya saat mencuci dapat mempengaruhi tape yang dihasilkan.
  3. Singkong yang sudah bersih dikukus sampai matang (tidak terlalu lembek, karena jika terlalu lembek akan banyak mengandung air saat proses akhir sehingga tape yang dihasilkan menjadi kurang nikmat).
  4. Angkat lalu biarkan sampai dingin, (usahakan untuk tidak menyentuh singkong secara langsung).
  5. Siapkan wadah (baskom atau toples) alasi bagian bawah dan sampingnya dengan daun singkong.
  6. Haluskan ragi
  7. Susun singkong yang sudah dikukus (gunakan garpu untuk menyususnnya) lalu taburi ragi diatasnya, lalu susun lagi diatasnya dan taburi ragi diatasnya, lakukan terus sampai singkong habis.
  8. Tutup singkong yang sudah disusun menggunakan daun pisang atau tutup yang lainnya dan biarkan selama 2-3 hari.
  9. Periksa singkong gunakan garpu jika singkong atau tape sudah lembut dan mudah ditusuk berarti tape singkong sudah jadi, jika masih belum tutup lagi dan biarkan selama 1-2 hari lagi.
NB : Untuk mendapatkan tape yang bagus, faktor utama yang harus diperhatikan adalah kebersihan dan kwalitas singkongnya.
Demikianlah pembahasan kita kali ini tentang resep tape singkong, selamat mencoba semoga berhasil mendapatkan tape singkong yang bagus enak dan sehat.

Popular posts from this blog

Resep kerang saus padang sederhana

Resep sponge cake sederhana lembut

Rahasia resep bistik jawa lengkap anti gagal