Resep tape ketan hitam

Resep Tape Ketan Hitam - Tepung sagu - Ketan hitam bisa dibuat bubur maupun makanan lainnya. Selain itu ketan hitam juga bisa dibuat menjadi tape yang enak dan segar dimakan. Banyak orang yang menyukai tape ketan hitam ini, tapi hanya sebagian orang yang tau tentang cara membuatnya. Nah untuk itu, saat ini akan admin berikan cara yang bisa dilakukan untuk membuat tape dari ketan hitam ini.
resep tape ketan hitam
Gambar ilustrasi : Tape ketan hitam
Membuat tape ketan hitam tidaklah semudah membuat brokoli saus tiram. Cara yang pertama yang harus dilakukan adalah dengan menyiapkan bahan-bahannya terlebih dahulu. Bahan-bahan yang dibutuhkan itu adalah sebagai berikut :

Baca juga : Resep bihun goreng
Bahan :
  • Ketan hitam 1/2 kg
  • Gula 4 sendok makan, haluskan dengan blender/ditumbuk
  • Ragi 2 butir, haluskan
Cara membuatnya :
  1. Cuci ketan dan buang kotoran yang ada pada butiran nya.
  2. Masukkan ketan dalam wadah berisi air sampai tertutu permukaan atasnya. Biarkan selama 10 - 12 jam. Biarkan dia lebih empuk dan mengembang.
  3. Cuci kembali kemudian kukus seperti cara menugkus biasa. Kemudian setelah setengah matang, Angkat.
  4. Bisa menggunakna nampan atau gunakan tempaat lain sebagai wadahnya. Ratakan.Hal itu dilakukan suapa nasi ketan sengah matang yang baru dipanaskan dapat dinging secara merata, masukkan gula. caranya sama seperti saat menaburkan ragi.
  5. Ambil ketan lagi kemudian lapiskan bagian atas ketanyang sudah diberi gula dan ragi. taburi kembali beras ketan dengan gula dan ragi secara merata seperti proses pertama
  6. Tutup nampan lalu biarkan selama tiga hari.
  7. Tape tersebut siap dimakan atau bisa diolah lagi sesuai selera.
Demikianlah cara yang bisa dilakukan untuk membuat tape ketan hitam yang enak dan nikmat. Over all, selamat mencoba dan semoga bermanfaat. Terimakasih.

Popular posts from this blog

Resep sponge cake sederhana lembut

Resep kerang saus padang sederhana

Rahasia resep bistik jawa lengkap anti gagal