Cara membuat yoghurt praktis anti gagal

Cara membuat yoghurt - Tepung sagu - Yoghurt adalah termasuk jenis susu yang sudah diolah fermentasi bakteri, namun bakteri yang dimaksud adalah jenis bakteri baik untuk tubuh seperti Lactobacillus bulgaricus ataupun Streptococcus Thermophilus.
Cara membuat yoghurt
Gambar ilustrasi : yoghurt
Baca juga : Resep serundeng ayam

Untuk membuat yoghurt yang enak dan sehat sebenarnya tidaklah terlalu sulit bahannya juga cukup mudah, berikut tips yang harus diperhatikan sebelum membuat yoghurt :
  • Pastikan wadah yang digunakan kedap udara
  • Pastikan yoghurt plain yang digunakan tidak dalam masa kadaluarsa
  • Pastikan susu dalam keadaan hangat saat dimasukkan kedalam wadah
  • Pastikan perbandingan susu dan yoghurt tepat.
Bahan-bahan :
  • Susu 1 liter, sebaiknya susu yang digunakan susu murni.
  • Bibir yoghurt perbandingan antara yoghurt dan susu yaitu 5% seandainya susunya 1 liter maka yoghurt 50 mil atau 2 sendok makan bibit yoghurt.
Cara membuat yoghurt :
  1. Susu dipanaskan selama kurang lebih 30 menit, jaga api agar susu tidak mendidih, karena ia dapat membuat proteinnya menjadi rusak. Angkat
  2. Biarkan susu dalam ruangan terbuka sampai hangat kuku.
  3. Masukkan bibit yoghurt lalu aduk perlahan (gunakan alat pengaduk yang steril). Bila kesulitan untuk mendapatkan alat pengaduk yang steril gunakan spatula kayu yang sudah disiram dengan air panas.
  4. Masukkan kedalam wadah tertutup lalu tutup menggunakan serbet tujuannya untuk mendapatkan kondisi gelap, karena syarat utama bakteri dapat hidup gelap.
  5. Biarkan selama 20-24 jam
  6. Setelah 20-24 jam maka akan muncul lapisan yang berwarna kekuningan kental diatas permukaan susu, jika masih kurang kental biarkan lagi dan tutup kembali. (semakin lama proses penyimpanan dalam ruang gelap maka akan semakin pekat, jika ingin encer kurangi lagi waktu penyimpanannya)
  7. Jika dirasa sudah cukup aduk kembali dengan alat pengaduk steril.
  8. Tambahkan sirup atau buah-buahan sesuai selera.
  9. Yoghurt siap untuk dinikmati.
  10. Bila hendak membuat yoghurt lagi, ambil beberapa sendok cup yoghurt dan simpan dalam lemari es, saran penyimpanannya maksimal satu minggu agar steril dan rasanya tetap terjaga.
Demikianlah pembahasan kita kali ini tentang cara membuat yoghurt praktis, selamat mencoba semoga berhasil mendapatkan yoghurt yang enak dan sehat.

Popular posts from this blog

Resep sponge cake sederhana lembut

Resep kerang saus padang sederhana

Rahasia resep bistik jawa lengkap anti gagal