Cara membuat lontong daun pisang

Cara membuat lontong daun pisang - Tepung sagu - Lontong merupakan jenis makanan berbahan dasar beras, jenis lontong juga beragam, biasanya hanya dibedakan dari bungkus yang dibedakan, walau hanya bungkusnya rasa lontong yang dihasilkan juga berbeda.
Cara membuat lontong daun pisang
Gambar ilustrasi : Lontong daun pisang
Baiklah langsung saja mari kita bahas secara lengkap bagai mana cara membuat lontong daun pisang yang enak dan praktis.

Bahan-bahan :
  • Siapkan daun pisang secukupnya, layukan dengan cara dijemur atau panaskan diatas bara api, lalu potong sesuai besar lontong yang akan dibuat.
  • Beras kwalitas super secukupnya, rendam diair dingin selama kurang lebih 1 jam
  • Lidi, untuk menyemat/mengunci.
  • Daun pandan secukupnya.
  • Air panas dan juga air dingin secukupnya
Cara membuat lontong daun pisang :
  1. Daun pisang yang sudah dilayukan gulung seperti silinder, untuk bagian bawahnya buat masuk kedalam, lalu semat atau kunci dengan lidi.
  2. Isi daun pisang yang sudah dibuat silinder dengan beras yang sudah direndam takaran untuk setiap isi daun pisang adalah setengahnya. Gunakan torong atau pipa untuk mengisinya supaya mudah. (lihat gambar diatas) Lalu semat ujung yang terbuka dengan lidi.
  3. Susun lontong didalam panci dengan posisi berdiri sampai penuh, lalu isi air sampai seluruh bagian terendam, lalu letakkan daun pandan, kemudian tutup rapat
  4. Rebus dengan api sedang selama kurang lebih dua jam, periksa jika airnya berkurang isi lagi dengan air panas sampai lontong terendam semuanya.
  5. Rebus kembali sampai padat dan kenyal.
  6. Setelah matang angkat tiriskan dengan posisi lontong berdiri, biarkan ditempat terbuka sambil supaya dingin.
  7. Buka daunnya dan potong-potong sesuai selera, lontong daun pisang siap untuk dinikmati bersama dengan rendang atau yang lainnnya.
Demikianlah pembahasan kita kali ini tentang cara membuat lontong daun pisang, selamat mencoba semoga berhasil mendapatkan lontong yang enak dan praktis.

Popular posts from this blog

Resep sponge cake sederhana lembut

Resep kerang saus padang sederhana

Rahasia resep bistik jawa lengkap anti gagal